“Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”

Itulah kata-kata bung Hatta yang sering saya dengar saat duduk di SD, namun seiring waktu kata-kata ini terus menjadi inspirasi saya sejak menginjak bangku SMA sampai sekarang, sebagai insan cendikia yang berpikir dengan fakta dan menyimpulkan sesuatu dengan data, data dan fakta yang saya temui untuk kata mutiara bung Hatta ini sungguh sangat banyak dan selalu mengena di pikiran saya sebut saja “Riza senior saya dulu smp & sma dan sekarang berhasil meraih mimpinya di jurusan luar negri di UI dan menjadi Best speaker Indonesia” Apa yang telah dia lakukan? dia sejak kecil selalu belajar bahasa inggris ,seingat saya teman sma saya galuh pernah memberitahu kalau si Riza ini dulu selalu membawa kamus & catatan kecil untuk menambah vocabnya, sekarang dia menerima hasilnya “Apa yang kamu tanam itu yang kamu panen”`, contoh lainnya banyak sekali. kembali ke masalah awal, Bulan bulan UTS ini saya merasa bosan kuliah, dan dari dulu saya merasa bosan belajar, saya merasa kalah karena salah satu impian saya sudah kandas, saya merasa stress dan tidak mampu fokus kepada belajar saya, sehingga kadang saya memaksa diri tapi untuk kali ini saya benar benar malas, lalu apa yang sudah saya hasilkan. saya tidak menghasilkan apa-apa, saya gagal di UTS , saya hancur, tidak bisa melawan diri sendiri alhasil saya kecewa dengan diri saya sendiri. Lalu apa yang saya lakukan untuk memperbaikinya. saya akan berikrar (tapi saya selalu berikrar dan membuat ikrar saya sampah dan menurut saya itu percuma) lalu apa kata-kata yang tepat untuk menyatakan kalau saya benar benar ingin berubah? perbuatan itulah jawabanya.

Banyak pemuda terkenal yang telah berhasil sekarang ini dalam dunia IT, sebut saja mark zukenberg pendiri Instagram Kevin systrom dan salah satu “homeless girl win science award” dan saya mulai berpikir kembali apa yang telah saya lakukan, saya memang telah mencoba belajar tapi itu tidak permanen dan hanya lewat sekejap semata. tidak ada bukti riil, saya terlalu takut atau time managment saya sungguh payah. 

 

 

Tinggalkan komentar

Filed under Pengalamanku

Tinggalkan Balasan

