BBM semangkin langka, ganti ke Air dan Listrik saja

Setelah membaca artikel di http://www.voaindonesia.com/content/article/177203.html tentang mobil listrik di amerika,
Saya teringat kembali akan keributan pada negeri tercinta yang timbul akibat naiknya harga bahan bakar minyak, banyak teman-teman mahasiswa di Indonesia yang turun ke jalan atas nama rakyat menolak kenaikan bahan bakar minyak tersebut, tapi menurut saya mahasiswa atau insan berilmu yang tidak cocok hanya dengan meneriakkan kata-kata tapi juga harusnya  memberi solusi akan masalah yang ada melalui bidang ilmu yang kita tekuni.
Lalu apa peran mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia untuk menanggulangi kelangkaan BBM sejauh ini ?,dari dahulu saya perhatikan banyak solusi dan inovasi yang diberikan anak bangsa tapi banyak dari inovasi tersebut tidak diberi perhatian oleh pemerintah, salah satu contohnya ialah Institut teknologi sepuluh nopember surabaya (ITS) mencoba untuk memberi inovasi dengan menciptakan mobil berbahan bakar air dan listrik, untuk mobil berbahan bakar air Prof. Dr. Ir. Djoko Sungkono Guru Besar Teknik Mesin ITS sejak tahun 2007 dengan di bantu mahasiswanya sudah melakukan riset tentang ini, tahun 2009 alat yang dikenal dengan HHO (Hydrogen Booster) ini di uji coba dan mampu menghemat solar atau bensin sebesar 36%, untuk kedepanya jika dekembangkan lagi sangat memungkinkan teknologi ini bisa menggantikan BBM 100%,  prinsip alat itu cukup sederhana yaitu memisahkan H2O menjadi H2 dan O2 secara elektrolisis, dimana jika hidrogen (H2) inilah yang nantinya akan diledakkan untuk untuk menggerakkan mesin.

Mobil listrik karya mahasiswa ITS

Mobil listrik karya mahasiswa ITS

Bukan hanya mobil bahan bakar air, baru-baru ini juga seorang mahasiswa D3 mesin ITS sudah membuat mobil istrik yang diberinama nagageni, mobil ini bahkan di uji coba langsung oleh Mentri Badan usaha milik negara (BUMN) Dahlan Iskan. tidak hanya sampai disitu ITS juga sedang menggarap prototype mobil listrik nasional yang diberi nama putra petir, mobil berkonsep city car ini direncanakan akan rampung tahun ini. Masih adalagi karya dari mahasiswa mesin yang telah diikut sertakan dalam Shell Echo marathon di  Serpong,Malaysia. yang mampu menempuh jarak 300 km untuk satu liter bensinnya.

Dengan ide-ide brilian para mahasiswa dan dosen ini saya harap mampu mengatasi masalah kelangkaan dan mahalnya BBM dan pemerintah Indonesia sendiri juga  harusnya berperan dalam menyediakan pendanaan dan fasilitas untuk kesuksesan inovasi-inovasi ini, juga masyrakat indonesia memberi semangat dan dorongan moral akan kelangsungan inovasi ini.

Maju Indonesia !
Vivat ITS !

Aldy Syahdeini

Mahasiswa Teknik Informatika, Institut teknologi Sepuluh Nopember Surabaya,Indonesia

Iklan

4 Komentar

Filed under Uncategorized

4 responses to “BBM semangkin langka, ganti ke Air dan Listrik saja

  1. Ping-balik: BBM Semangkin Langka, Ganti ke Air dan Listrik Saja « Kontes Ngeblog VOA

  2. Semoga Indonesia tidak lagi bergantung pada bahan bakar minyak. Dan menciptakan energi yang terbarukan. Semoga sukses ya. Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini ya – Indonesia mendunia lewat Gamelan dan juga yang ini – Memanusiawikan Lingkungan Sungai Ciliwung dan Sekitarnya

  3. aku sangat bangga dengan kreatifitas seperti itu,aku berharap semua itu bisa cepat teraplikasi di Indonesia ini,agar outra bangsa semakin cinta dan bangga dengan negaraya,ayo kita bangun Indonesia ini,mari beriklar kita adalah satu orang Indonesia………by khalifah 085225119539

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s